PLM (Pelatihan Leadership Mahasiswa) HIMA KP FIP UNY

Pelatihan Leadership Mahasiswa yang disingkat PLM adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengenalkan lebih jauh mengenai kultur yang ada di Prodi. Untuk memaksimalkan tujuan tersebut, maka PLM dilaksanakan tiga hari satu malam di kampus dan di Villa Klenting Kuning kaliurang pada 13, 14, 15 September 2019. Tak hanya momen bagi mahasiswa baru, PLM juga merupakan momen tahunan yang luar biasa bagi semua mahasiswa Prodi Kebijakan Pendidikan. Setiap mahasiswa yang pernah merasakan duduk di Prodi kebijakan pendidikan diundang untuk berkumpul bersama. Pasalnya, kebijakan pendidikan merupakan satu-satunya jurusan S1 di Indonesia sehingga alumni merupakan relasi paling dekat.

PLM atau mungkin sapaan yang lebih familiar adalah makrab mulai dilaksanakan pada hari Jumat di kampus. Untuk mengasah kemampuan leadership dan mengenalkan lebih jauh terkait kampus maka mahasiswa baru diminta untuk mewawancarai komponen kampus diluar fakultas ilmu pendidikan. Komponen ini contohnya satpam FIS, cleaning service pascasarjana, dll. Kemudian pada hari Sabtu dan Minggu mahasiswa menjalani kegiatan di kaliurang. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa baru hingga alumni kebijakan pendidikan.

PLM ini mengangkat tema “dare yourself to break the limit”. Dengan tema ini diharapkan mahasiswa baru dapat mendobrak esensi dan eksistensi kebijakan pendidikan agar jauh lebih baik lagi. Dan untuk mencapai itu, maka mahasiswa baru harus berani untuk melewati batas dirinya. PLM diharapkan mampu mewujudkan itu agar mahasiswa baru dapat menciptakan budaya baik untuk diturunkan kepada mahasiswa baru selanjutnya.

Pada akhirnya, PLM merupakan momen bagi semua mahasiswa yang pernah merasakan duduk di bangku kebijakan pendidikan. Dan dengan terus menjalin relasi dengan alumni, mahasiswa baru dapat memahami permasalahan apa saja yang harus dipersiapkan untuk menuju masa depan sebagai bekal yang sangat berharga.