Tim Peneliti dari Prodi Kebijakan Pendidikan FIP UNY menyelenggarakan Seminar Hasil di Dinas Dikpora Yogyakarta

Tim Peneliti dari Prodi Kebijakan Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian “Kebijakan Pendidikan untuk Mengatasi Reproduksi Bullying di Sekolah”, Rabu 02 November 2022 di Ruang Wahyu Tumurun Lt. 2 Disdikpora Kota Yogyakarta.

Kepala Dinas Pendidikan, Bp. Budi Santoso Asrori, SE., M.Si. menyambut baik karena banyak peneliti yang bekerjasama dengan lembaga untuk melakukan penelitian tentang pendidikan di Yogyakarta. Pada sambutannya, beliau berharap hasil penelitian ini dapat memberikan edukasi tentang cara mengatasi bullying/perundungan yang ada di SMP. Perundungan bisa terjadi antara siswa dengan siswa, guru kepada siswa, mungkin juga terjadi siswa membully gurunya. Korban bully umumnya adalah pihak-pihak yang lemah. Lemah dari segi fisik, ekonomi, maupun sosial. Posisinya yang lemah dan tidak berdaya tersebut, menyebabkan rentan terhadap bullying. Bullying merupakan salah satu permasalahan yang mendapatkan sorotan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Prof. Dr. Farida Hanum, M.Si. menyampaikan penelitian ini merupakan penelitian yang longitudinal.

Dr. Ariefa Efianingrum, M.Si. menyampaikan bahwa penelitian ini didanai oleh Kemendikbud Ristek dan LPDP Kemenkeu. Model yang dikembangkan berfokus pada penguatan inisiasi kebijakan sekolah, komunikasi efektif dalam interaksi sosial, dan pemanfaatan waktu luang secara kreatif.

Dalam FGD dihimpun masukan dari peserta untuk perbaikan produk yang dikembangkan. Selain itu, digali pula praktik baik kebijakan yang telah diimplementasikan di sekolah dari para Kepala Sekolah serta Guru Bimbingan dan Konseling dari 19 SMP di Kota Yogyakarta. Diskusi menyimpulkan tentang perlunya membangun komunikasi efektif untuk mengurangi bullying, dan pemanfaatan waktu luang secara kreatif untuk meminimalkan bullying di sekolah.