Program Pengabdian kepada Masyarakat UNY Kembangkan Kultur Sekolah Ramah Anak di Kapanewon Ngemplak

Semangat untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik terlihat jelas dalam Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang digelar di SD Unggulan 'Aisyiyah Ngemplak pada 20 Juli 2024. Bertema "Pengembangan Kultur Sekolah untuk Mewujudkan Sekolah Ramah Anak", kegiatan ini melibatkan partisipasi 25 pendidik dari berbagai jenjang pendidikan di bawah Yayasan 'Aisyiyah Cabang Kapanewon Ngemplak.

PkM yang berlangsung di SD Unggulan 'Aisyiyah Ngemplak ini berjalan dengan sukses dan mendapat sambutan positif dari para peserta. Tim PKM dari program studi Kebijakan Pendidikan yaitu Dr. Rukiyati, M.Hum. (Ketua), dengan anggota Prof. Dr. Farida Hanum, M.Si., Dr. Drs. Noor Widijantoro, M.Pd., Fajar Sidik, S.Pd., MPA. dan Wulan Tri Puji Utami, M.Pd. menyusun program pelatihan dengan lebih inovatif. Pelatihan yang menggabungkan metode ceramah, dialog, permainan, dan tugas kelompok ini berhasil menghasilkan program-program inovatif untuk setiap lembaga pendidikan peserta.

Hasil utama dari pelatihan ini adalah tersusunnya program Kultur Sekolah Ramah Anak untuk masing-masing satuan pendidikan. TK ABA Al Ihsan Gandok Wedomartani, misalnya, merancang empat inisiatif utama: penerapan budaya 5S, sosialisasi konsep sekolah ramah anak, pemasangan CCTV kelas, dan penyusunan SOP penanganan kekerasan.

Sebagai tindak lanjut, tim PkM melakukan pendampingan dan monitoring kegiatan pada bulan September 2024. Hasil pemantauan menunjukkan bahwa beberapa sekolah telah mulai melaksanakan program sesuai dengan jadwal yang telah disusun. Sementara itu, beberapa program lainnya diagendakan untuk dilaksanakan pada bulan Oktober 2025.

Program ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mewujudkan sekolah ramah anak di wilayah Kapanewon Ngemplak, Sleman. Dengan adanya kultur sekolah yang mendukung, tentu berdampak dalam terciptanya suasana belajar yang kondusif dan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.