Prodi Kebijakan Pendidikan studi banding ke University of Tokyo

Prodi Kebijakan Pendidikan FIP UNY melakukan Kunjungan ke University of Tokyo pada hari Selasa tanggal 9 Desember 2015. Pada kesempatan tersebut rombongan tim dari Prodi KP diterima di fakultas pendidikan oleh Prof. Asai Shanciko Division of professional Development of Techers Graduate School of Education dan Endo Nobuo, Student Affair Section Faculty of Education. Adapun tim dosen Prodi KP yang melakukan kujungan ke Faculty Education of The University of Tokyo  adalah Dr. Mami Hajaroh, Prof. Dr. Farida Hanum, Dr. Dwi Siswoyo dan Dr. Arif Rohman.

Tujuan kunjungan tersebut yaitu untuk melakukan dialog akademik tentang program studi Educational Practice and Policies di Faculty of Education, Benchmarking Kurikulum ke Progran Studi  Educational Practice and Policies dan Observasi Laboratorium Educational Practice and Policies.

Prof. Asai Shanciko dan tim Prodi KP dalam kesempatan tersebut mendiskusikan tentang praktek Pendidikan Guru di University of Tokyo. Beliau juga menjelaskan bahwa Prodi Educational Practice and Policies di University of Tokyo level S1 bertujuan untuk membentuk calom peneliti Pendidikan. Adapun untuk mata kulian dibagi dalam 3 kelompok yakni: Pendidikan Sekolah, Pendidian Sosial dan Pendidikan Perpustakaan. Sedangkan Prodi Educational Practice and Policies di University of Tokyo level S2 bertujuan untuk membentuk peneliti kebijakan untuk mengembangkan pendidikan (Policy Education and Improvement)

Dr. Mami Hajaroh selaku Kaprodi Kebijakan Pendidikan berharap agar kedepan dapat terjalin kerjasama antara Prodi Kebijakan Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY dengan Faculty Education of The University of Tokyo. Dari kegiatan kunjungan kali ini, diharapkan juga ada tambahan wawasan untuk perbaikan kurikulum program Studi Kebijakan Pendidikan serta rencana pengembangan Prodi Kebijakan Pendidikan sehingga dapat menjadi Prodi yang berwawasan internasional. (admKP)