SIT IN MAHASISWA BERPRESTASI PRODI KP FIP UNY

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi salah satu intra lembaga yang telah merintis kegiatan pendidikan komparasi dalam rangka untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu, salah satunya melalui kegiatan sit in yang diperuntukkan bagi 10 nominasi mahasiswa berprestasi (mapres) dari 8 program studi yang berbeda di fakultas. Salah satu nominasi dari Prodi Kebijakan Pendidikan (KP), yakni saudari Tri Wulaningrum dari angkatan 2013 untuk periode mapres 2016.

Peserta sit in mengikuti beberapa aktivitas yang meliputi: perkuliahan, lawatan (kunjungan) laboratorium pendidikan, dan city tour. Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa peserta sit in ditempatkan di hotel sekitar wilayah kampus. Mahasiswa peserta sit in melakukan aktivitas sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Keseluruhan kegiatan sit in dilaksanakan pada tanggal 23 April 2017 hingga 28 April 2017, dan kegiatan sit in dikelompokkan menjadi dua bagian.

Kegiatan pertama Perkuliahan. Peserta sit in secara efektif mengikuti perkuliahan pada tanggal 25 April 2017 hingga 26 April 2017, yang terdiri dari 4 kelas, yakni: a) kelas microteaching (2 kelas), dan b) kelas pengajaran (2 kelas). Selanjutnya kegiatan kedua pada lawatan bangunan pendidikan dan sarana pendidikan di UPSI. Peserta sit in dipandu oleh staf FPPM UPSI mengunjungi beberapa tempat, yaitu: 1) Makmal Pendidikan Khas; 2) Makmal Pendidikan Awal Kanak-kanak; 3) Welness Center; 4) Muzeum Pendidikan Nasional; 5) Perpustakaan Tun Bainun.

Terselenggaranya kegiatan ini, atas kerjasama dua universitas, yaitu Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) dan UNY. Secara lebih khusus, penyelenggaraan kegiatan ini melibatkan kerjasama oleh dua fakultas, yaitu FIP UNY dan Fakulti Pendidikan dan Pembangunan Manusia (FPPM) UPSI. UPSI merupakan salah satu universitas di Tanjung Malim, Perak, Malaysia. Perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi tertua di Malaysia. FPPM UPSI merupakan salah satunya fakultas pendidikan di Malaysia. (tri w/a)