GATHERING “MENJALIN KEHARMONISAN KELUARGA BESAR KEBIJAKAN PENDIDIKAN UNY

Sabtu (11/04) menjadi malam tak terlupakan bagi mahasiswa prodi Kebijakan Pendidikan. HIMA Kebijakan Pendidikan 2015 mengadakan acara “Gathering” di Lapangan Hijau Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta yang mengundang alumni Kebijakan Pendidikan angkatan I hingga angkatan yang masih aktif saat ini. Terjalinnya hubungan yang harmonis antar angkatan menjadi salah satu upaya mempertahankan eksistensi program studi Kebijakan Pendidikan ke depannya, oleh kerena itu HIMA KP dengan dukungan alumni KP menyelenggarakan acara ini.

Bapak Dr. Arif Rohman, M.Si selaku dosen di Kebijakan Pendidikan dan sekaligus alumni            dari FSP menjadi pembicara. Beliau bercerita banyak mengenai sejarah jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan. Berawal dari Fakultas Pedagogik Universitas Gadjah Mada (UGM) yang kemudian pada tahun 1964 fakultas tersebut memisahkan diri menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta sesuai keputusan Presiden dan instruksi Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pendidikan (PTIP), serta Menteri Pengajaran dan Kebudayaan (PPK). Fakultas Ilmu Pendidikan di IKIP Yogyakarta ini membawahi jurusan Pendidikan Umum (PU), Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan lain-lain. Jurusan Pendidikan Umum ini kemudian dikembangkan menjadi jurusan Teori dan Sejarah Pendidikan (TSP), lalu berkembang lagi menjadi jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan (FSP) yang merupakan fondasi keilmuan pendidikan. Pada perkembangannya, jurusan FSP membawahi program studi Analisis Kebijakan Pendidikan (AKP) yang dibuka pada tahun 2006. Lalu sekarang prodi ini disebut sebagai prodi Kebijakan Pendidikan (KP).

Sebelum acara Gathering ditutup, ada hiburan akustik dari mahasiswa KP sekaligus makan bersama antar alumni. Dengan diadakannya makan bersama antar alumni diharapkan semua antar angkatan bisa saling mengenal dan saling menjalin keakraban. Setelah acara selesai Mas Nanda angkatan 2007 memberitahukan sekaligus meresmikan media sosial Ikatan Alumni Kebijakan Pendidikan dan juga foto bersama antar angkatan. Semoga diadakannya acara ini dapat terus menjalin hubungan antara alumni FSP maupun dengan Jurusan. (hima KP)