PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru) Prodi KP FIP UNY

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan agenda tahunan untuk menyambut mahasiswa baru di UNY. PKKMB dilaksanakan oleh universitas, fakultas, hingga setiap Jurusan yang berada di UNY. Begitu pula dengan Jurusan FSP Prodi KP, PKKMB merupakan ajang spesial untuk memberikan pengetahuan dan orientasi awal kepada para mahasiswa baru mengenai jurusan yang mereka pilih.

PKKMB KP pada tahun 2019 mengangkat tema “Know your major better, reach your higher dreams”. Mulai dari sinilah mahasiswa baru diperkenalkan dengan dunia kampus dan dengan agenda ini dapat memberikan kenyamanan kepada mahasiswa baru agar mereka tidak gundah berada di lingkungan baru.

Harapannya tidak ada lagi mahasiswa yang merasa berada di jurusan yang salah, masa depan akan seperti apa, dan permasalahan klasik lainnya. Kebijakan pendidikan yang merupakan Prodi S1 satu-satunya di Indonesia memiliki peluang yang sangat bagus, namun lulusan dituntut untuk selalu mengembangkan kompetensi yang dimilikinya

PKKMB memiliki rangkaian acara mulai dari BPIM (Biro Pelayanan Informasi Mahasiswa) oleh Hima Kebijakan Pendidikan dengan mengenalkan jurusan pada seluruh mahasiswa baru, dilanjutkan dengan PKKMB dari universitas, fakultas, kemudian jurusan. PKKMB KP berlangsung pada tanggal 23 Agustus 2019 diikuti oleh semua mahasiswa baru dengan beberapa rangkaian kegiatan yang salah satunya adalah pengenalan dosen supaya mahasiswa baru dapat mengenal dengan baik para pemberi ilmu di kampus. Acara berlangsung dengan meriah dan penuh antusias dari mahasiswa baru.

Mahasiswa baru merupakan penerus dalam kehidupan kampus. Maka mereka layak mengetahui, mengerti, dan memahami seluk beluk kehidupan kampus dalam rangka kaderisasi untuk tahun selanjutnya. Maka PKKMB merupakan sebuah ajang kaderisasi untuk membentuk dan mengenalkan budaya kepada mahasiswa baru.