BUSINESS PLAN HIMA KP

Jumat (28/4) Masa pembangunan dan era perdagangan yang telah mengglobal sangat membutuhkan mental dan kemampuan berwirausaha dari masyarakat Indonesia agar dapat bersaing di kancah global. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistika (BPS) pada sensus ekonomi 2016 terdapat sebanyak 26,7 juta wirausahawan di Indonesia. Mahasiswa memiliki potensi untuk menjadi pelaku wirausaha yang berkualitas dan terdidik. Dengan memiliki jiwa wirausaha (entrepreneur) mahasiswa tidak hanya dapat mencari lapangan kerja, tetapi juga dapat membuka lapangan kerja.

Himpunan Mahasiswa Kebijakan Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta (HIMA KP FIP UNY) tahun 2017 dengan bangga telah menyelenggarakan kegiatan Business Plan yang bertema "Creation (Creative Entrepreneur For The Nation) Through Business Plan. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) HIMA KP yang mendukung salah satu Misi Program Studi Kebijakan Pendidikan, yaitu membangun kegiatan kemahasiswaan yang berorientasi pada peningkatan soft skill mahasiswa.

Kegiatan ini juga mendukung terwujudnya visi UNY, yaitu Takwa, Mandiri, Cendekia. Kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan pribadi mahasiswa yang tidak hanya memiliki kemampuan intelektual sesuai bidang keilmuannya, tetapi juga dapat meningkatkan kemandirian mahasiswa dengan menumbuh-kembangkan jiwa wirausaha.

Business Plan ini diselenggarakan hari Jumat tanggal 28 April 2017 di Aula Abdullah Sigit FIP UNY yang diikuti oleh semua mahasiswa KP dengan acara yang dibuka oleh Kaprodi KP FIP UNY Bapak Dr. Arif Rohman, M.Si., dengan narasumber Hendri Hariyanto, S.Pd., alumnus UNY yang merupakan Founder dan Ceo rumahpeci.com, serta merupakan dosen kewirausahaan Universitas Gadjah Mada (UGM). (pan/a)